SKB CPNS 2018 Formasi Dokter Gigi

Setelah diumumkan lulus SKD dan kemudian berlanjut ke SKB, jujur saya udah mulai jauuuh agak santai dalam menghadapi tes selanjutnya. Kenapa, ya karena alhamdulillah kebetulan saya nggak ada saingan sih. πŸ˜† Jadi ya bisa dibilang tinggal bersaing dengan diri-sendiri aja gitu. Cuma ya tetap aja dong saya bertekad saya nggak mau nilai saya malu-maluin, soalnya nilainya kan dipampang di khalayak ramai yang se-Indonesia bisa tahu nilai kita itu berapa. πŸ˜† Apalagi ini SKB pula alias yang diuji kemampuan bidang kita sendiri, malu juga kalo ntar nilainya jelek, padahal sehari-hari kan kerjanya juga praktik dokter gigi. πŸ€¦β€β™€οΈπŸ€£

Saat itu saya hanya mengandalkan kisi-kisi dari BKN aja, yang katanya sih soal SKB itu berdasarkan Permenpan dari jabatan yang dilamar. Sampai saya print loh itu Permenpan Nomor 141 Tahun 2003 yang khusus mengenai jabatan dokter gigi tersebut. Tapi pas saya baca jujur aja saya sempat bingung juga, masa sih dari 100 soal yang diujikan isinya cuma tentang ini doang? Walaupun curiga tapi tetap aja saya nggak belajar pula itu saking malasnya. 🀣 Ujung-ujungnya hanya bersiap untuk mengandalkan investigasi di komen-komen medsos orang yang udah ujian duluan, baru deh nantinya bisa tahu apa yang harus dipelajari untuk ujian ke depannya.

Eh ndilalah nggak disangka nggak diduga ternyata kabupaten saya malah dapat jadwal yang ujiannya paling duluan pula! πŸ€¦β€β™€οΈ Jadi malah saya yang jadi tumpuan harapan oleh teman-teman saya. πŸ˜… Tapi alhamdulillah sehari sebelum ujian saya sempat lihat kisi-kisi SKB dokter umum dan bidan yang udah ujian duluan yang beberapa di antaranya sama (dan dari komen-komen ini juga lah saya jadi tahu kalo ternyata yang buat soal untuk formasi nakes itu adalah Kemenkes), jadi saya sempat memetakan dan membaca sekilas yang sama itu apa aja, walaupun ngebacanya juga sambil lewat gitu aja sih akibat saking banyaknya ternyata materi yang harus dibaca itu. Yah minimal yang penting udah sempet dibaca aja deh semua materi itu dalam rangka melegakan hati. πŸ˜…

Okeh jadi dari hasil pemetaan tersebut saya menyimpulkan bahwa dari 100 soal SKB, 30 di antaranya merupakan materi kesehatan umum yang berhubungan dengan program Kemenkes, lalu baru deh 70 soal sisanya khusus tentang materi yang berhubungan dengan bidang kita (dalam hal ini bidang dokter gigi). Pas lihat kisi-kisi SKB dokter umum dan bidan ini saya menemukan beberapa persamaan materi yang diujikan, yaitu mengenai SDGs, Nawacita Kesehatan, Visi Misi Kemenkes, UU Kesehatan, program JKN/BPJS, dan tentang Puskesmas maupun RS. Jadi di malam hari sebelum ujian saya khusus menyempatkan untuk membaca mengenai materi ini. Untuk materi giginya sendiri saya udah pasrahkan aja lah gimana soalnya ntar. πŸ˜… Karena pas tau kalau Kemenkes yang buat soal saya jadi mulai agak legaan lah karena saya ada keyakinan kalau orang Kemenkes kan bukan dosen FKG jadi kayaknya sih materi tentang kedokteran giginya juga nggak bakalan susah-susah amat, pasti materi umum aja yang ditanya. Kalau dosen FKG yang buat soal baru deh saya ketar-ketir. 🀣 Tapi tetap berharap juga moga-moga karena udah jadi kerjaan sehari-hari bakal ada yang nyangkut juga ntar jawabannya. πŸ˜†

Dan ternyataaa pas hari H ujian, jeng jeng jeng 30 soal umum Kemenkes ini emang persis sama loh sesuai dengan kisi-kisi yang saya petakan, alias kayaknya khusus soal yang umum ini ya emang sama semua materi yang diujikan. πŸ˜† Tapi emang ada beberapa yang saya ragu ngejawabnya karena nggak terlalu hafal (gimana mau hafal kalau cuma semalam aja baca semua materinya πŸ€¦β€β™€οΈ). Plus apalagi yang tentang UU Kesehatan, mana lah saya hafal semua isi pasalnya jadi yah hanya mengandalkan tebak jinggo aja deh jadinya pas ngejawab soal tentang pasal-pasal itu, ahahaha. 🀣 Kalau untuk soal kedokteran gigi sendiri secara umum hampir mirip lah dengan ujian kompetensi, cuma menurut saya sih masih jauh lebih mudah SKB ini lah daripada ujian kompetensi dokter gigi tersebut. 😁 Tapi walaupun saya ujian pertama alhamdulillah nilai saya sesuai target pribadi (yang berharap nggak malu-maluin amat lah nilainya), bisa dapat 315 aja udah syukuuur banget (alias benar 63 dari 100 soal). Harusnya kata suami sih nilai saya itu malah 325 pas dia lihat di layar live score, tapi di akhir ujian kebetulan saya emang ada ngeganti jawaban, eeeh ternyata salah pula jawaban yang diganti itu. Jadi nyesal pula saya ngegantinya kan, ahahaha. πŸ˜…

Lucunya pas baru aja saya selesai ujian, pas pula ada teman yang baru nemu grup telegram khusus SKB dokter gigi. πŸ˜† Coba aja kalau kami nemu grupnya lebih cepat, atau jadwal ujiannya yang lebih belakangan, pasti lebih enak karena jadi bisa lebih matang persiapan belajarnya juga kan. πŸ˜†

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s