Akhirnya Ikut Tes CPNS Juga

Yak benar, tahun ini akhirnya saya memutuskan untuk ikut seleksi CPNS di daerah tempat saya tinggal saat ini. 😆

Padahal dulu saya sempat nulis di sini dan sini beberapa pertimbangan kenapa saat itu saya memutuskan untuk tidak mengikuti pengangkatan CPNS dari formasi khusus Kemenkes beberapa tahun lalu. Tapi namanya juga pemikiran ya, bisa berubah-ubah seiring perkembangan zaman (halah bahasanya). Dan setelah mendapat izin dan berdiskusi dengan suami, ditambah karena posisi Puskesmas yang tercantum dalam penempatan formasi yang tersedia berada sangat dekat dari rumah (hanya 5 menit saja), jadi saya pikir okeh cus lah saya daftar aja untuk ikut seleksi penerimaan CPNS tahun ini. 💪

Btw ini sebenernya adalah kali pertama saya ikut seleksi CPNS, jadi bisa dibilang ini pertama kalinya juga saya mengalami segala proses yang perlu dilakukan. Saya pun akhirnya kemudian merasakanlah gimana dramanya proses pendaftaran yang sulit dilakukan itu (bukan karena prosedurnya sih tapi lebih kepada teknisnya alias susah banget yaaaaa loading data hanya untuk registrasi ajaaa 😅). Perlu beberapa hari saya begadang hanya untuk bisa registrasi, dan sempat pasrah aja kalau nggak bisa daftar karena waktu pendaftarannya emang agak mepet, tapi alhamdulillah akhirnya saya bisa registrasi secara online jugaaa. 😭 Saking susahnya registrasi sampai-sampai kalau baca di medsos banyak banget yang bahagia berat setelah berhasil mencetak kartu pendaftaran, sampai-sampai rasa bahagianya itu kayak udah berasa lulus jadi CPNS aja gitu (termasuk saya!). 🤣🤣🤣 Tapi untungnya batas waktu pendaftaran kemudian diundur oleh BKN, dan di hari-hari akhir ternyata website SSCN juga jadi jauuuh lebih lancar dan gampang dibuka. Tau gitu nggak usah ngotot buru-buru daftar di awal ya kan. 🤦‍♀️

Waktu itu bisa sampai tahap ini aja rasanya udah seneeeeeng banget saking susahnya untuk bikin akun registrasi doang. Padahal ini baru tahap paling awal banget loh, belum unggah dokumen dan segala macamnya. 🤣

Nah berdasarkan yang saya alami kemaren, untuk pendaftaran awal ini saya sarankan sih daftarnya jangan terlalu di awal deh karena semua orang kan berbondong-bondong daftar di awal juga, jadi pastinya emang bakal lebih susah masuk ke website SSCN tersebut. Plus kalau mendaftar di akhir itu kelebihannya kita bisa mantau dulu di mana formasi yang lokasi penempatannya lebih sedikit peminat, jadi kita bisa pilih formasi yang lebih sedikit pendaftar aja kan (btw perlu diketahui bahwa pemilihan lokasi formasi ini termasuk bagian dari strategi juga loh!). Kecuali kalau kayak saya ya, saya pribadi emang udah tau mau pilih penempatan formasi yang di mana secara spesifik (karena pertimbangan utama saya kan hanya pilih yang dekat rumah aja) jadi ya saya sih langsung daftar aja tanpa lihat-lihat saingan. Atau boleh juga kayak kawan saya yang mendaftar pas beberapa menit setelah pendaftaran dibuka jadi masih lancar cas pleng aja gitu dia daftarnya tengah malam itu. 😄 Tapi tetep ya jangan sampe terlambat juga untuk mendaftarnya, jangan karena sengaja menunggu akhir batas waktu malah rupanya terjadi masalah di detik-detik terakhir yang membuat kita nggak bisa terdaftar sama sekali. 😣

Btw, saya sampai pake acara beli laptop baru loh pas tahu kalo mendekati hari H pendaftaran laptop suami malah pake acara rusak pula. 😅 Tapi untuuung alhamdulillah ada aja rezeki untuk bisa beli laptop baru, walaupun tetep ya laptop yang saya pilih juga yang paling murah aja. 😄

Setelah mendaftar dan verifikasi berkas, alhamdulillah akhirnya saya pun diumumkan lulus seleksi administrasi dan bisa mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tes SKD. Untuk SKD ini akan saya ceritakan di postingan selanjutnya saja yaaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s