Umroh 2017 : Mekkah Hari 3

Hari ketiga merupakan hari Jumat dan di hari itulah kami mulai memperhatikan kalau mulai banyak orang yang berkunjung ke Masjidil Haram sehingga masjid menjadi lebih padat dan rame dari sebelumnya. Apalagi karena hari itu adalah hari libur sehingga jadi banyak juga penduduk dari luar Mekkah yang datang untuk beribadah.

Alhamdulillah selama di sini saya nggak menemukan kendala untuk bangun lebih pagi karena badan masih ngikut jam di Indonesia juga sih. Kadang tengah malam jam 12 saya udah bangun aja gitu dengan bugar karena lagian kalo di Indonesia jam segitu emang pas pula udah waktu Subuh juga kan, walaupun ntar saya tidur lagi juga sih dan baru bener-bener bangun jam setengah 2 gitu. 😆 Tapi ya itu, karena udah bangun lebih awal, dan kadang pas Ashar walo ngantuk tapi nggak bisa dibawa tidur juga, jadinya pas abis Isya bawaannya udah ngantuuuuuk berat padahal belum makan malam, jadi mau nggak mau ditahan dulu deh biar makan dulu, baru setelah itu tinggal segera tidur aja. 😅

Berfoto dengan latar belakang Zam-Zam Tower dan Kakbah.

Sebenernya hari itu ada tur lagi dari travel ke peternakan unta dan Gua Hira yang sifatnya opsional alias bagi yang mau saja. Awalnya saya tertarik sih untuk ikut, tapiii setelah tahu bahwa salah satu agendanya adalah mendaki Gua Hira yang bisa memakan waktu 3 jam saya langsung mundur karena tahu saya dan suami kayaknya nggak bakalan sanggup deh menjalaninya, apalagi dengan kondisi kaki yang makin pegal aja. 😅 Jadi kami milih tetap di masjid ajalah udah.

Begini kira-kira gambaran pendakian Gua Hira. Ngelihat gambarnya aja aku sudah tak sanggup apalagi ngebayangin daki beneran. 😥

Awalnya hari itu kami mau berangkat ke masjid sekitar jam setengah 11 siang biar dapat tempat untuk sholat Jumat sebelum rame, ternyata pihak travel menganjurkan untuk datang sebelum jam 10 pagi! Dan beneran, pas kami lewat sekitar jam setengah 10 eh nyaris aja jalan terdekat menuju masjid ditutup seperti biasanya ditutup saat mau adzan sholat fardhu. Untung masih bisa lewat jadi nggak perlu pake acara muter dulu deh untuk menuju masjid.

Banyak burung merpati di sepanjang perjalanan dari hotel menuju masjid. 😍

Walaupun datangnya cepet, ealah sekitar jam setengah 11 saya malah sesak pipis sehingga mau nggak mau harus keluar dari masjid dulu untuk ke toilet. 😅 Dan saat balik lagi ke tempat semula ternyata udah rameee banget sehingga udah nggak dapat tempat lagi deh. Jadinya saya mencari tempat lain di lantai atas yang perlu agak jauh dulu jalannya (saking luasnya Masjidil Haram). Alhamdulillah untung saat itu masih pada sepi orang yang ke lantai atas jadi masih dapat tempat di sana (ramenya pas mulai deket waktu sholat Jumat). Dan saya sangat bersyukur bisa ngerasain sholat Jumat di Masjidil Haram walau hanya baru sekali kesempatan. La quwwata illa billah, moga-moga sih ini bukan kesempatan yang terakhir kalinya ya, aamiin.
Pengalaman paling berkesan di hari Jumat itu adalah ada orang Pakistan yang mengoreksi bacaan ngaji saya ketika beliau tidak sengaja mendengar saya mengaji saat sedang duduk di sebelah saya. Saya jadi nyadar kalo ternyata selama ini masih banyak sekali pelafalan saya yang masih salah karena saya yang salah kaprah memahami pengucapannya. Akhirnya saya pun belajar mengaji dengan beliau melalui bacaan Surat Al-Anbiya. Sepertinya ini salah satu jalan dari Allah deh untuk mengingatkan saya supaya saya lebih belajar lagi agar bisa membaca Al-Quran dengan benar.

Di hari ketiga ini saya mulai merasa badan mulai drop dan mulai muncul gejala pilek. Akhirnya saya gempur habis-habisan dengan air zam-zam sembari berdoa, sekaligus membeli buah potong (10 SR) dan jus buah (5 SR) di kedai makanan untuk mempercepat pemulihan. Masya Allah emang bener ya air zam-zam ini terbukti mengobati penyakit, alhamdulillah gejala pilek pun besoknya bisa segera hilang dan kondisi badan saya alhamdulillah kembali membaik. Soalnya kalau sampai tepar kan nanti makin nggak maksimal ibadahnya, apalagi saat itu juga masih baru setengah perjalanan gitu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s