Menggunakan Obat Penghenti Haid Untuk Persiapan Umroh

Jujur saya awalnya nggak kepikiran loh untuk mengonsumsi obat ini karena saya pikir kalau ternyata harus mens di saat umroh ya apa boleh buat juga kan. Tapi setelah dinasehati Kakak ipar untuk tetap ikhtiar agar ibadah umrohnya bisa maksimal, akhirnya saya pun jadi kepikiran deh untuk konsultasi ke dokter kandungan perihal masalah ini.

Berhubung di daerah tempat saya tinggal tidak ada dokter kandungan (maklum saya kan tinggal di daerah cukup terpencil), jadi saya pun memutuskan untuk ke dokter kandungannya pas saya lagi nginap di tempat Kakak saya aja di Bogor sebelum berangkat umroh. Ternyata pas perjalanan dari Bengkulu-Bogor itu saya malah dapat mens pula, dan jadi makin khawatir deh kalau saat berangkat nanti jangan-jangan masih belum berhenti haidnya, apalagi ritual umrohnya sendiri dilakukan memang di hari pertama kedatangan dan kondisi kesehatan saya saat ini membuat masa haid saya jadi lebih panjang dari yang seharusnya. 😒 Sempet juga sih ada perasaan takut diomelin dokter kalau konsul di waktu yang mepet-mepet gini gara-gara ada baca di salah satu blog kalau konsul untuk umroh itu seharusnya sih sebulan sebelum berangkat gitu. πŸ˜… Tapi daripada saya bingung sendiri ya mending bertanya langsung aja lah ke ahlinya.

Alhamdulillah, tidak seperti yang saya takutkan sebelumnya, ternyata dokter kandungan yang saya temui biasa-biasa saja dalam menanggapi keluhan saya ini, dalam artian tidak mempermasalahkan sama sekali ketika saya konsul perihal umroh ini di waktu yang mepet dengan keberangkatan. Malah karena sreg dengan beliau kami pun langsung memutuskan untuk memulai promil lagi saat itu juga. πŸ˜„ Setelah berkonsultasi dengan dokter akhirnya saya pun diresepkan obat penghenti haid Pri***** * yang harus saya minum dari malam itu juga hingga hari terakhir umroh nanti (kira-kira saya mengonsumsi obat tersebut hingga hampir dua minggu). Jadi darah haid yang sudah keluar ini kata beliau akan berhenti dalam tiga hari ke depan, dan jika dalam masa penggunaan obat ada keluar darah maka darah tersebut termasuk istihadhah sehingga saya tetap harus melaksanakan ibadah.

Jadi bagaimana pengalaman saya selama menggunakan obat penghenti haid ini? Saya mulai minum obat ini di saat hari ke-2 menstruasi dan saat itu sudah mulai agak banyak darah yang keluar. Darah haid tersebut besoknya jadi mulai jauh berkurang dan kemudian tinggal flek-flek sedikit saja. Emang sih selama umroh sendiri flek tersebut kadang ada keluar tapi kadang juga tidak (alias bersih sama sekali). Awalnya saat keluar flek tersebut saya sempat rada bingung apakah ini sudah terhitung dianggap mens atau hanya karena efek dari obat aja, sampai-sampai jadi bikin saya sempet khawatir takut jangan-jangan obatnya nggak bereaksi pula nih. πŸ˜… Tapi setelah teringat kata dokter dan cari-cari informasi juga, saya pun mulai yakin kalau ini sudah termasuk darah istihadhah akibat siklus haid-nya yang sedang di-“geser” oleh si obat, jadi saya tetep melaksanakan ibadah saja lah seperti biasa.

Selama penggunaan obat saya memang merasakan gejala seperti yang biasa saya rasakan saat menjelang haid, yaitu perut agak terasa kram dan bagian dada terasa lebih kencang dan nyeri jika tersentuh. Mual sesekali ada sedikit tapi tidak begitu mengganggu. Tapi obat ini memang sangat membantu sekali sehingga membuat saya bisa tetap beribadah selama di Tanah Suci. Alhamdulillah, la quwwata illa billah.

Saya menghentikan konsumsi obat ini sehari sebelum kepulangan ke tanah air, dan walaupun katanya haid akan keluar dua hari setelah penghentian penggunaan obat, saya sendiri langsung mengalami haid di keesokan harinya, yaitu saat sedang di bandara Madinah menuju kepulangan ke Jakarta.

Btw untuk nama obatnya maaf ya saya samarkan karena saya takut manatau nanti ada yang langsung main beli obat ini gitu aja tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Jika ada permasalahan yang sama dengan saya mohon segera konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan ya. 😊

Advertisements

2 thoughts on “Menggunakan Obat Penghenti Haid Untuk Persiapan Umroh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s