Transfer Kesukaan

Saya baru nyadar kalo setelah 6 tahun menikah dengan suami ada juga akulturasi (ciileh bahasanya akulturasi) yang terjadi dalam rumah tangga kami. Empat contoh terbesarnya adalah :

Saya jadi suka makan sate padang.

Sejak kecil saya paling nggak tahan makan makanan yang pedas, dan karena itu juga saya dulu nggak bisa makan sate padang karena menurut saya kuahnya rada pedas. Di tempat saya tinggal dulu di Rumbai, Riau ada satu tempat sate yang terkenal dan jadi favorit orang-orang Rumbai (orang Rumbai pasti taulah sama Sate Cun 😁). Dulu sih saya nggak akan pernah mesen sate padang, pasti sate kacang melulu yang saya pilih.

Nah pas pacaran sama suami (okeh saya tau di Islam nggak boleh pacaran, dulu belum mulai hijrah soalnya 😥), saya jadi sering diajakin makan sate padang. Maklum soalnya suami orang Minang sih. Etapi nggak tahu kenapa semenjak itu jadi malah doyan saya makan sate padang. Sampe sekarang. 😁 Oh ya semenjak saya bisa makan sate padang, saya pun jadi penasaran lah kan gimana sih rasanya Sate Cun yang kata orang-orang enak banget itu. Jadi pas pernah pulang ke Pekanbaru saya pun minta tolong dibeliin Sate Cun lah sama Mama pas Mama lagi keluar. Ealah berhubung saya lupa bilang kalo saya maunya sate padang, si Mama malah beliin sate kacang seperti biasa. 😂 Ya udah deh jadinya sampe sekarang belum tau tuh saya gimana rasanya sate padangnya si Cun itu. 😭

Saya jadi suka makan masakan Padang.

Suami itu orang Minang tulen yang hanya terbiasa makan masakan rumahan, di mana makanan yang disajikan oleh ibu mertua pastinya adalah masakan Padang. Sedangkan saya, walaupun lama tinggal di Pekanbaru dan di sana banyak orang Minang dan tersebar juga masakan Padang di mana-mana, tapi favorit saya cuma ayam goreng dan malahan lebih tertarik sama chinese food. 😑 Kalau bungkus nasi Padang dulu mah saya pasti cuma minta nasi putih sama ayam goreng tok aja tanpa tambahan kuah apapun. 😅 Eh semenjak nikah sama suami, apalagi setelah diajak pulkam ke Bukittingi, sekarang kalo diajak makan nasi Padang saya sih malah ayok-ayok aja tuh. 😁

Suami jadi suka makan sandwich dan tergila-gila dengan mayones.

Berhubung Mama dulu kerja di sekolah internasional yang mayoritas murid dan gurunya merupakan WN USA, dan kami juga berada di lingkungan perusahaan Amerika tempat Papa saya dulu bekerja, jadi saya cukup sering terpapar dengan beberapa makanan yang familiar di Amerika, seperti mac&cheese, burger, hotdog, dan sandwiches. Nah akhir-akhir ini kami jadi rutin sarapan dengan sandwich gara-gara semenjak pertama kali saya bikin sandwich telur pake mayones pake saos pake keju suami malah suka banget! Jadi sekarang dikit-dikit dia minta dibikinin sandwich terus deh, hahaha. 😆

Suami jadi suka makan nasi yang ditaburi bawang goreng.

Saya merasa bawang goreng itu penambah rasa, jadi saya suka banget tiap makan ditaburi bawang goreng di atas nasinya, apapun lauk yang dimakan. Awalnya suami nggak gitu peduli ya sama bawang goreng, eh sekalinya saya taburin bawang goreng di atas nasinya dia malah jadi ketagihan. 😄 Sekarang jadinya stok bawang goreng selalu ada terus di rumah, kalau kelihatan mau habis saya harus segera beli lagi di tempat saya langganan beli di pasar.

2 thoughts on “Transfer Kesukaan

  1. alrisblog says:

    Saya juga suka makanan Sunda, Jawa, dll, karena bepergian ke berbagai daerah. Mencari makanan daerah asal pasti kesulitan, kalaupun ada harganya mahal.
    Sebenarnya menyukai makanan daerah lain juga bagus untuk ganti-ganti selera, hehehe…

    • arinidm says:

      Tapi Da kalo yang namanya urang awak kyknya ga susah cari makanan padang Da, pasti bertabur di seluruh Indonesia ini. Itulah nikmatnya jd orang Minang ya Da 😁

Leave a Reply

