Penyuluhan ke SD

Bulan Mei lalu saya beserta teman-teman Puskesmas mengadakan kunjungan ke seluruh SD yang berada di wilayah kerja Puskesmas tempat saya bekerja dalam rangka penyuluhan mengenai cara belajar menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar sekaligus mempraktikkannya. Sasaran penyuluhan sebenarnya hanya anak murid kelas 4 dan kelas 5 aja, walaupun saya pribadi sih lebih suka kalau seluruh anak murid bisa turut mendengarkan penyuluhan ini. Tapi setelah dipikir-pikir, yang udah bisa menangkap dan menerima penjelasan detil kayaknya emang anak-anak yang udah agak gedean deh. ūüėČ

Di wilayah kerja Puskesmas kami terdapat 10 SD yang lokasinya tersebar di berbagai tempat. Tapi saya dan teman-teman wanita hanya berkunjung ke 9 SD saja, sedangkan untuk 1 SD lagi berhubung perjalanan menuju ke sekolah tersebut bisa dibilang ekstrim jadi hanya yang pria saja yang berangkat ke sana. Awalnya saya mau-mau aja ikut ke SD tersebut, penasaran sih dengan lokasinya, tapi ternyata Bapak Kepala Sekolahnya juga tidak menganjurkan saya untuk ikut ke sana jadi saya ikuti saja lah nasihat tersebut karena beliau pasti yang lebih tau medan perangnya kan. ūüėĀ

Secara garis besar, kegiatan yang kami lakukan di sekolah dimulai dengan perkenalan, lalu penyuluhan tentang cara menyikat gigi dan mulut yang baik dan benar terlebih dahulu.

Dilanjutkan dengan praktik menyikat gigi.

Harap maklum kalo buang kumurnya langsung ke tanah. Nggak ada wastafel, namanya juga di desa. ūüôŹ

Setelah itu baru penyuluhan mengenai cuci tangan yang baik dan benar. Untuk yang satu ini dilakukan oleh teman saya yang seorang perawat. Oh ya ada lagu khusus cuci tangan juga loh, jadi sebelum mencoba mencuci tangan langsung di air, kita melakukan simulasi dulu dengan menyanyikan lagu cuci tangan tersebut.

Baru deh langsung dipraktikkan di air mengalir. Nggak langsung dari keran sih, tapi teman-teman saya kreatif juga memikirkan alternatifnya melalui ember yang ada kerannya. ūüĎć

Setelah itu sesi tanya jawab, memastikan anak-anak mengerti dengan yang sudah diajarkan.

Serius memikirkan jawaban. ūüėĄ

Yang bisa jawab pertanyaan dan juga yang bagus saat praktik dapat hadiah sikat gigi loh. ūüėĀ

Senangnya yang dapat sikat gigi baru. ūüėĄ

Plus inspeksi kondisi gigi dan mulut mumpung ada kesempatan. Yang butuh perawatan gigi dan mulut disarankan untuk segera datang ke Puskesmas. ūüėä

Semoga ilmu yang sudah didapat ini bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari ya Anak-Anak. ūüėäūüėäūüėä

Leave a Reply

