Idul Fitri 1438 H

Tahun ini kami nggak pulkam (lagi). Awalnya sih pengen pulang ke tempat mertua di Medan karena tahun lalu kan kami udah ke tempat orang tua saya, jadi ceritanya mau gantian lah. Tapi berhubung ibu mertua bulan April lalu sudah berkunjung ke Bengkulu, dan kami juga Insya Allah mau berangkat seminar kedokteran gigi di bulan Agustus dan Oktober nanti, jadi kami pikir daripada maksain pulkam lebih baik uangnya disimpan dulu aja lah untuk seminar yang lebih makan biaya ini. 😁 Tapi berhubung ini udah ke-5 kalinya kami lebaran berdua aja di tanah rantau, jadinya kami biasa aja sih. Apalagi saya yang emang udah jarang juga bareng orang tua saya saat mereka dulu tinggal di Kuwait. Jadi alhamdulillah (dan juga anehnya) sama sekali nggak ada ngerasa sedih karena nggak bisa pulkam dan ngerayain lebarang bareng keluarga. 😅 Lagian di sini kami juga udah banyak yang kami anggap seperti keluarga sendiri, dan Bengkulu ya emang udah kami anggap rumah kami sekarang, jadi ya rasanya asik-asik aja kok. 😁

Seperti yang udah saya ceritakan sebelumnya, lebaran kali ini alhamdulillah saya nggak perlu repot mikirin kue lebaran lagi karena banyak yang ngasih. 🙌 Nah untuk masalah makan beratnya, mengingat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya dan suami akhirnya memutuskan untuk nggak heboh masak menu khas lebaran karena rencana hari pertama mau numpang makan aja di rumah tetua yang mau kami kunjungi pas Idul Fitri nanti. 😆 Soalnya emang repot sih kalo harus masak sendiri rendang, opor, ketupat, dan kawan-kawannya kalo cuma untuk dimakan berdua aja. 😅 Toh bagi kami lebaran nggak harus makan ketupat, opor, dan rendang juga kok, yang penting masih bisa makan aja. 😊 Oleh karena itu, untuk hari-hari berikutnya kami sepakat untuk masak menu biasa yang emang biasa dimakan sehari-hari aja di rumah.

Kebetulan tahun ini saya dapat halangan di hari-hari terakhir bulan Ramadhan, jadinya suami terpaksa deh berangkat sholat Ied sendirian. 😄 Setelah suami pulang dari masjid, kami pun langsung silaturrahim ke tetangga-tetangga dan ke orang-orang yang kami tuakan di sini. Dan tentunya tak lupa dong untuk menelpon keluarga besar, baik dari pihak saya maupun dari pihak suami.

Sengaja nggak ngambil porsi yang banyak biar nggak kekenyangan. 😅

Pada hari ketiga kami mengundang keluarga yang paling akrab dengan kami di sini untuk berlebaran di rumah. Awalnya cuma ngundang berkunjung aja, tapi berhubung hari itu saya ada rencana untuk masak karena pas pula saat itu udah nggak ada lagi lauk di rumah, jadi ya saya pikir ajak makan bareng ajalah sekalian. Saya pun masak ayam gulai hijau (ini menu favorit suami, resepnya bisa dilihat di sini), sup ayam, telur dadar, dan perkedel kentang. Pokoknya yang bikinnya simpel dan antiribet lah. 😆

Hari kelima Lebaran saya dan suami bertolak menuju ke Muara Beliti (Kab. Musi Rawas, Prov. Sumatera Selatan) untuk bersilaturrahim dengan teman orang tua saya saat tinggal di Kuwait dulu yang kebetulan saya lihat melalui Facebook sedang pulang kampung. Jadi saya pun mengontak beliau dan meniatkan untuk berkunjung karena saya dan suami pikir jaraknya juga cuma 4 jam perjalanan dari daerah kami dan sekalian jalan-jalan juga. 😁 Selepas dari Muara Beliti sebenarnya kami bisa sih balik hari alias langsung pulang ke rumah, tapi karena saat itu suami sedang tidak enak badan jadi kami putuskan untuk menginap semalam di Hotel Burza Kota Lubuk Linggau (review hotel menyusul ya).

Alhamdulillah sempat bersilaturrahim dan tambah keluarga baru.. 😊

Sekian cerita Lebaran saya tahun ini, dan nggak terasa lusa udah masuk kerja lagi aja ya. 😅 Rasanya masih pengen nambah liburan lagi walo cuma di rumah aja, hahaha. Kenapa sih kalau hari pertama kerja selalu terasa berat aja bawaannya ya??? 😂😂😂

Taqabbalallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir dan batin ya teman-teman semuanya. 😊😊😊

 

Leave a Reply

