Resep : Dendeng Balado Basah

Untuk urusan masak-memasak saya emang bukan pakarnya. Rasanya tangan dan lidah ini kurang bisa merangkai hasil yang memuaskan dalam hal rasa. Tapi kali ini saya mau pamer dulu ah satu resep yang berhasil saya eksekusi setelah ngoprek-ngoprek Cookpad dan menggabungkan beberapa resep sehingga menghasilkan satu yang sesuai dengan lidah saya. 🙌🙌🙌



RESEP DENDENG BALADO BASAH

 

Bahan :

– 300 gram daging sapi

– 7 buah cabe merah ukuran besar

– 8 siung bawang merah ukuran sedang

– 2 buah tomat ukuran besar, iris-iris kecil

– 3 siung bawang putih, haluskan

– 1 ruas jahe, haluskan

– 1 sdm ketumbar bubuk

– 1 sdm garam kasar

– 1/4 bungkus asam jawa ukuran kecil

– 2 buah daun salam

– 1 batang sereh, ambil putihnya saja, geprek

– 1/2 jeruk nipis ukuran kecil

– Minyak goreng secukupnya

– Garam halus, gula, dan penyedap rasa (jika mau pakai) secukupnya

 

Cara :

1. Masukkan ke dalam presto daging sapi, bawang putih, jahe, ketumbar, garam kasar, dan asam jawa, ungkep daging selama 40 menit dengan api sedang.

2. Keluarkan daging dari presto, dinginkan sebentar, iris daging tipis-tipis.

3. Giling atau blender kasar bawang merah dan cabe (kalo saya pake mini chopper, males giling soalnya 😁).

4. Tumis bawang merah, cabe, tomat, daun salam, dan sereh sampai keluar minyaknya (alias udah nggak kelihatan basah gitu). Masukkan garam, gula, penyedap rasa secukupnya. Beri perasan jeruk nipis, aduk rata.

5. Masukkan daging, aduk-aduk hingga daging tercampur rata dengan cabe.

6. Dendeng balado basah siap disajikan dengan nasi panas.

 

Keterangan :

– Saya sebenernya nggak tahu pasti berapa banyak daging sapi yang saya masak. Kayaknya sih lebih dari seperempat kilo tapi yang pasti nggak sampe setengah kilo. Bagian apanya sapi si daging itu juga saya kurang ngerti, yang penting ada lemaknya aja gitu, hehe.

– Saya presto daging langsung di saat masih beku dan baru dikeluarin dari freezer. Malas nunggu cair, lagian kan make presto. Tapi kalo nggak ada presto bisa aja sih diungkep dengan cara direbus sampai empuk.

– Untuk bahan ungkepannya itu saya modif dikit takarannya karena jumlah daging yang saya masak kan nggak sebanyak yang di resep di Cookpad. Dan rasanyaaa, mantap benerrr! Dicemilin gitu aja dagingnya udah enak loh. 😋

– Jumlah cabe dan bawang merah bisa disesuaikan tergantung selera masing-masing. Kalo suka pedas bisa ditambah jumlah cabenya. Bagi yang nggak suka pedas takaran di atas rasanya udah cukup kok karena saya sendiri juga nggak tahan makan pedas. Dan dendeng ini hasil rasanya juga nggak begitu pedas.

– Penggunaan garam, gula, dan penyedap rasa bisa tergantung selera masing-masing. Saya sih makenya 1 sdt garam, 2 sdt gula, dan nggak sampe 1/4 sdt ajinomoto. Oh ya kenapa pas ngungkep saya make garam kasar, karena cuma mau ngabisin stok garam kasar aja sih. 😁

– Kalo mau dibikin dendeng kering ya tinggal digoreng aja dulu dagingnya sebelum dicampur dengan cabe. Tapi berhubung saya sebenernya nggak begitu suka juga dendeng kering, saya coba lah daging ungkepnya langsung dicemplungin ke cabe. Ternyata rasanya lebih juicy! Saya lebih suka nih yang begini. Oh ya dagingnya juga nggak saya geprek karena udah lembut duluan, mungkin karena diprestonya juga agak lama sih.

– Beteweee, ini pertama kalinya saya akhirnya berhasil bikin dendeng basah loh! Selama ini bikin dendeng (kering) suka nggak enak mulu. Ternyata saya baru tahu kenapa bisa nggak enak karena selama ini dagingnya nggak saya ungkep dulu sih, cuma dilumurin bumbu halus lalu langsung digoreng. Mungkin karena nggak diungkep dulu jadi kadang masih suka terasa anyir gitu. 😅

Mari makaaan… 😋😋😋

 

13 thoughts on “Resep : Dendeng Balado Basah

    • arinidm says:

      Haiiii Nyanyaa aku baik, Nyanya gmn kabarnya pasca nikah nih hihihi. Sama nih aku juga masih banyak utang blogwalking nih trmasuk ke blog Nyanya. 😀 Ayo dicoba Nya bikin dendengnya.

      • Cut Isyana says:

        nikah ternyata nyenengin ya Mbak hahaha. Tau gitu mah dari dulu2 aja nikahnya 😀 Aku juga jarang banget sekarang posting.. yuk silahkan mampir ke blog aku

Leave a Reply

