Mudik 2016 : Total Pengeluaran

Yaaah walopun sebenernya udah agak basi juga sih kalo masih ngelanjutin bahasan soal mudik kemaren 😄, tapi berhubung tulisan tentang pengeluaran perjalanan ini rasanya penting juga sebagai catatan pribadi saya kalau tahun depan Insya Allah ada kesempatan mudik lagi, jadi yasudlah mari kita lanjutkan saja bahasan pamungkas mengenai perjalanan mudik 2016 ini. 😁

Oh iya, yang saya jabarkan di bawah ini hanya pengeluaran umum yang emang berhubungan langsung dengan perjalanan darat yang saya dan suami tempuh aja ya, soalnya selama 2 minggu lebih mudik kemaren kami juga ada membeli peralatan kedokteran gigi untuk tempat praktek dan beberapa pengeluaran lainnya yang rasanya sih kurang relevan kalo ikut dimasukkan di sini, hehe.

Bensin : Rp 1.280.500,00

Untuk bensin mobil, kami hanya menggunakan kalo nggak Pertamax ya Pertalite, karena nggak tahu kenapa kami ada pengalaman pernah make Premium ke luar kota dan walaupun harganya lebih murah tapi jatuhnya malah jadi lebih boros daripada saat kami menggunakan Pertamax atau Pertalite dengan tujuan yang sama. Semenjak itu kami nggak mau lagi ngisi dengan Premium, kecuali kalo terpaksa, hehe.

Hotel : Rp 786.750,00

Jumlah ini untuk menginap dua kali di Palembang dan satu kali di Bandar Lampung.

Makan/Belanja : Rp 1.414.200,00

Biasanya kan ada beberapa keluarga yang emang memilih untuk nyiapin bekal dari rumah untuk menghemat biaya makan selama di perjalanan, tapi berhubung kami berdua ini males repot dan cinta kepraktisan, jadi kami mending cari makan di jalan aja lah, hehe. Lagian pas lagi puasa kita makannya cuma pas sahur dan buka aja kan (alias dua kali makan jadi cukup hemat lah 😁). Btw kalo untuk belanja yang saya maksud itu misalnya beli cemilan selama di perjalanan gitu.

Feri PP : Rp 640.000,00

Harga feri saat Lebaran 2016 itu Rp 320.000,00 sekali nyebrang dari Bakauheni ke Merak atau sebaliknya. Biasanya tiap tahun ada penyesuaian harga, mungkin tahun depan bisa lebih mahal.

Tol : Rp 242.000,00

Ini adalah biaya tol yang kami keluarkan mulai dari Merak sampai Purwakarta hingga kembali lagi ke Merak (bahkan ada beberapa kali bolak-balik Depok-Purwakarta maupun jalan-jalan menggunakan tol dalam kota). Saya agak terkejut juga kalo ternyata biaya tol yang kami keluarkan ternyata nggak begitu besar, kirain bakal sampai 500 ribu gitu, hehe. 😁

Parkir : Rp 28.000,00

Berhubung kami tinggal di daerah yang amat sangat jarang mengeluarkan biaya parkir 😅, dan setiap kami jalan ke kota (misalnya ke kota Bengkulu) kami baru nyadar kalo ke mana aja pasti dikit-dikit harus bayar parkir, jadi biaya parkir emang termasuk yang jadi perhatian untuk perjalanan ini karena saya penasaran bakal habis berapa. 😁 Eeeh lagi-lagi saya terkejut kalo biaya parkir yang udah kami keluarkan ternyata kecil juga toh. 😆

Akhirnya berakhir juga seri perjalanan Mudik 2016 ini. Insya Allah semoga tahun depan masih diberikan rezeki, umur, kesehatan, dan kesempatan untuk bisa ngerasain mudik kembali, aamiin.. *boleh lah ya kita tutup postingan ini dengan selfie saya saat dalam perjalanan pulang kembali ke Bengkulu kemaren, soalnya kamera hp Xiaomi pak suami kebangetan bikin muka saya jadi mulus begini, hahaha* 😝

 

Cerita yang berhubungan dengan Mudik 2016 :

Pertama

Kedua

Ketiga

Keempat

Kelima

Keenam

 

Advertisements

2 thoughts on “Mudik 2016 : Total Pengeluaran

  1. Gusti 'ajo' Ramli says:

    Mudik dari sumatra ke jawa ya mbak.. Dulu waktu saya dari jakarta ke pekanbaru pernah ngitungin biaya seperti ini, tapi cuma biaya bensin aja… yang lain gak kepikiran buat dihitung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s