Mudik 2016 : Saatnya Pulang

Liburan pun harus usai dan saatnya kami harus kembali ke Bengkulu. Berbekal pengalaman, kali ini kami memutuskan untuk dua kali menginap di perjalanan pulang agar tidak kecapekan seperti sebelumnya, yang pertama di Bandar Lampung dan baru yang kedua di Palembang lagi. Awalnya kami berniat untuk berangkat setelah Subuh, tapi karena sehari sebelumnya hujan jadi kami tidak sempat menata barang kami yang superbanyak di dalam mobil Agya kami yang superkecil itu ๐Ÿ˜†, sehingga paginya baru bisa kami tata semua pas sebelum berangkat. Akhirnya berangkatnya molor deh jadi jam 8, hehe. Alhamdulillah perjalanan ke Merak yang kami tempuh selama 3 jam berjalan lancar.

Kebetulan kali ini kami dapat parkir di dek atas, tapi berhubung panasss ujung-ujungnya nggak bisa tiduran di mobil juga sih, hehe. Oh ya satu hal yang saya perhatikan, ada perbedaan antara nyebrang di pagi hari dan di malam hari. Kalo malam itu paling cuma ada jualan pop mie aja di feri (jadi teringat betapa kelaparannya kami saat nyebrang dari Bakau ke Merak sebelumnya ๐Ÿ˜‚), tapi kalo pagi waaah banyak banget versi jualannya, ampe nasi juga ada. Jadi kalo nyebrang di pagi atau siang hari kayaknya nggak usah takut kelaparan lah pas lagi di feri. ๐Ÿ˜

Oh ya saya suka heran lihat orang di feri yang dengan gampangnya aja buang sampah sembarangan, karena sampah-sampahnya itu kan bisa berterbangan sampe ke laut lepas gitu. Padahal di feri itu banyaaak banget disediakan tempat sampah loh. ๐Ÿ˜ค ๐Ÿ˜ฅ

Di Bandar Lampung kami menginap di Hotel Andalas Permai (review menyusul). Untung juga kami menginap dulu di Bandar Lampung, karena kami sudah keburu gempor duluan. Keluar hotel untuk jalan-jalan aja udah nggak sanggup lagi, bawaannya langsung pengen tidur aja, hehe.

Berhubung kami niatnya emang jalan santai karena nggak ada yang dikejar, keesokan harinya kami baru keluar dari hotel jam setengah 10 pagi. Sebelumnya kami ke Teluk Betung dulu untuk membeli oleh-oleh khas Lampung, yaitu keripik pisang kepok. Saya membelinya di toko Yen-Yen yang kabarnya emang terkenal di Lampung. Ternyata keripik pisang yang dijual nggak hanya rasa biasa aja tapi ada 16 rasa, sayangnya saat saya datang hanya ada rasa Balado, Rumput Laut, dan Jagung Bakar aja, jadinya ya cuma bisa beli 3 rasa itu aja deh. Harga keripik pisangnya Rp 11.500,- per bungkus yang dikemas dalam paperbag yang menurut saya sih cute gitu. ๐Ÿ˜

Oh ya di seberang toko Yen-Yen ini ada juga yang jual suvenir berupa kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, dan hiasan meja berbau Lampung di sini (saya lupa nama tokonya apa). Saya cuma beli satu magnet kulkas aja sih untuk kenang-kenangan di rumah (harganya 10 ribu/buah atau 25 ribu/3 buah), tapi saya juga sekalian tanya-tanya beberapa harga barang yang dijual di sana untuk gambaran, sayangnya sekarang saya lupa berapa aja harganya. ๐Ÿ˜… Yang saya inget cuma harga kaosnya aja sekitar 35 ribu gitu.

Kami baru bener-bener bergerak ke Palembang sekitar jam setengah 11 dan karena udah kesiangan jadinya jalanan udah keburu padat banget sehingga makan waktu agak lama juga untuk bisa keluar dari kota Bandar Lampung. Tapi alhamdulillah perjalanan terbilang lancar walaupun kami sampai Palembang jadinya agak malam, dan di sini kami pun kembali menginap di Red Planet Hotel. Sampai di hotel kami langsung tidur karena esoknya kami bener-bener harus bangun pagi karena setelah Subuh kami harus mulai bergerak pulang ke Bengkulu. Kami tidak ingin kesorean saat melewati perbatasan Lubuk Linggau-Curup karena daerah ini termasuk cukup rawan. Alhamdulillah jam 4 sore kami pun tiba dengan selamat sampai di rumah.