Mudik 2016 : Bengkulu-Palembang (Trip Pertama)

Setelah 4 tahun berturut-turut lebaran cuma berdua aja sama suami di tanah rantau, akhirnya alhamdulillah tahun ini kami bisa ngerasain lebaran lagi bareng keluarga. Berhubung di tahun pertama pernikahan kami berdua sudah pernah berlebaran bareng keluarga suami di Medan, akhirnya kali ini untuk pertama kalinya (selama kami nikah) kami ngerayain Idul Fitri bareng keluarga saya.

Tahun ini kami sekeluarga berencana untuk merayakan hari pertama lebaran di rumah Kakak saya dulu di Depok, baru hari keduanya kami berangkat ke rumah orang tua saya di Purwakarta. Alasannya bukan karena takut kena macet di jalan sih, tapi karena permintaan Kakak yang emang pengen bisa lebaran bareng-bareng orang tua dan mertua sekalian (kebetulan kakak saya dan mertuanya emang tetanggaan). Jadi si Kakak enak juga ya tahun ini nggak perlu milih mau lebaran ke mana duluan soalnya semuanya udah pada ngumpul sih, hihi. 😁

Untuk mudik kali ini saya dan suami pun memutuskan untuk lewat darat aja bawa mobil sendiri dari Bengkulu. Biar sekalian jalan-jalan. *padahal sih sebenernya karena suami paling nggak suka naik pesawat wkwk* Sempat berdebat mau mutusin apa lewat lintas barat, lintas tengah, atau lintas timur aja (atau bahkan lintas pantai timur sekalian), akhirnya setelah banyak googling dan tanya-tanya temen kami pun memutuskan untuk lewat lintas timur aja via Palembang. Sebenernya kalo ke Palembang dulu bisa dibilang jatuhnya jadi agak jauh sih, tapi suami berprinsip lebih baik jauh tapi jalannya bagus daripada cepet tapi jalannya jelek. *walopun ternyata kenyataannya si jalan juga tidak semulus yang dibayangkan sih tapi masih tetep lumayan lah* 😅

Jalan dari Lubuk Linggau ke Palembang via Sekayu. Kebetulan yang sempet kefoto pas lagi lewat jalan yang mulus aja, hehe.

Nggak tahu kenapa kalo lewat jalan dan lihat rumah kayu yang kayak gini tu saya berasa banget lagi ada di Sumatera Selatan. Rumah kayunya kayak khas Sumsel gitu, soalnya kalo di Bengkulu rasanya bentuk rumah kayunya walopun mirip tapi ada yang rada beda deh.

Lama perjalanan dari daerah tempat tinggal saya ke kota Palembang kurang lebih makan waktu 12 jam gitu, soalnya kami berangkat dari rumah itu pagi sekitar jam 7 kurang dan sampai di Palembang sekitar jam 7 malam juga. Jalur yang kami pilih adalah via Sekayu. Jalannya yah lumayan okelah walopun nggak mulus amat. Malah di daerah Ngulak Sanga Desa hingga Babat Toman (Kab. Muba/Musi Banyuasin, Sumsel) jalannya rada parahhh. 😰 Oh ya untuk perjalanan kali ini saya punya peran tambahan selain jadi navigator, yaitu jadi supir cadangan juga! Ini sebenernya emang bukan pertama kalinya sih saya bawa mobil antarkabupaten (biasanya kalo ke kota Curup yang jaraknya 2 jam dari rumah saya juga biasa sih gantian sama suami), tapi ini emang perdana saya nyetir antarprovinsi. 😁 Tapi lucunya suami saya ini, kalo dalam kota dia suka nggak ngizinin loh saya nyetir sendiri, tapi kok giliran antarkabupaten antarprovinsi dia percaya-percaya aja tuh. 😄 Saya dikasih nyetirnya paling cuma sejam-dua jam aja sih untuk ngasih waktu suami supaya bisa istirahat tidur, tapi karena bisa gantian nyetir ini perjalanan kami jadi terasa lebih efektif dalam soal waktu. Soalnya akhir tahun lalu pas jalan dari Bengkulu ke Pekanbaru suami kan full nyetir sendiri tuh, jadi kalo dia ngantuk atau capek ya harus berhenti total dulu deh jadinya, akibatnya waktu tempuhnya juga jadi makin molor. Oh ya setelah sampai Palembang kami memutuskan untuk menginap dulu semalam, dan setelah ngulik-ngulik Traveloka akhirnya kami pilih untuk bermalam di Hotel Red Planet (review menyusul ya).

Saat lagi gantian tugas nyetir 😁

Btw selama perjalanan kami memutuskan untuk tetap berpuasa, walaupun udah diniatkan juga kalo nggak sanggup ntar paling dibatalin aja lah *kan musafir*, tapi alhamdulillah selama perjalanan kami masih diberikan Allah SWT kesanggupan untuk berpuasa dan diberikan kondisi tubuh yang tetap fit.

Berikut rute yang kami tempuh dari rumah menuju Palembang :
Rumah – Curup – Kota Lubuk Linggau, Sumsel (detilnya kebetulan pernah saya tulis sebelumnya, bisa dilihat di sini) -Muara Beliti – Muara Kelingi – Muara Rengas – Muara Lakitan (Kab. Musi Rawas) – Ngulak Sanga Desa – Babat Toman – Sekayu (Kab. Muba aka Musi Banyuasin) – Lais – Betung – Pangkalan Balai (Kab. Banyuasin) – Kota Palembang.

Nah untuk perjalanan kali ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan jika teman-teman ada yang berniat menempuh perjalanan yang sama :
– Dari Curup menuju Sekayu kira-kira bisa ditempuh dalam waktu 5 jam, jalanan relatif nggak rame dan bisa ngebut hingga kecepatan 80-100 km/jam. Paling yang rada tersendat itu pas di Lubuk Linggau aja karena termasuk kota cukup besar jadi jalanan cukup padat dengan kendaraan.
– Dari Muara Kelingi hingga Sekayu nggak ada SPBU sama sekali. Begitu juga dari Sekayu hingga Betung. Jadi usahakan kalo ketemu SPBU di ketiga daerah tersebut ya diisi aja lah, karena untuk menuju SPBU berikutnya bisa makan waktu 1,5-2 jam kalo jalanan sepi (kalo lagi rame mungkin bisa lebih lama lagi).
– Seperti yang sudah saya bilang di atas, dari Sanga Desa hingga Babat Toman jalannya banyak yang rusak. Lobangnya dalam-dalam, jalan bergelombang, pokoknya rada parah lah. Hati-hati aja jangan sampe harus ngerem mendadak pas lagi enak-enaknya jalan, hehe.
– Mulai masuk Betung atau Pangkalan Balai (lupa) hingga Palembang kalo agak sorean itu ternyata macettt karena banyak kendaraan yang masuk maupun yang keluar Kota Palembang. Jarak yang cuma tinggal sekian kilo lagi aja bisa jadi perlu sejam untuk menempuhnya.

Sebelum lanjut ke cerita berikutnya, saya mau mohon maaf lahir dan batin dulu ya untuk semua teman-teman yang suka membaca blog saya. Taqabbalallahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ☺🙏