Bukittinggi – Pekanbaru

Lanjutan dari tulisan perjalanan Bengkulu-Bukittinggi dan transit sehari di Bukittinggi yang akhirnya dilanjutkan lagi mumpung udah nangkring di draft. 😁

Rencananya kami mau rada pagian berangkat ke Pekanbaru (abis Subuh gitu niatnya), tapi apa daya akibat masih rada males gerak, ujung-ujungnya kami berangkat hampir jam setengah 10 pagi juga tuh. Cuma sempet sarapan dengan pisang dan teh manis, kami pun lalu berangkat untuk menuju ke kota tempat saya dibesarkan di Pekanbaru.

image

Bisa dilihat dari Google Maps kalo dari Bukittinggi ke Pekanbaru itu melewati kota Payakumbuh (Sumbar) dan Bangkinang (Riau).

Yang saya suka dari perjalanan Bukittinggi-Pekanbaru ini adalah pemandangannya enak dilihat, terutama kalo masih di daerah Sumbar. Ngelihat gunung, sawah, pohon kelapa, dengan warna hijau yang cerah rasanya sejuk dan segerrr banget. Tapi kalo udah masuk daerah Riau, walaupun juga ada hijau-hijaunya tapi kok ngelihatnya kayak masih rada-rada gersang gitu ya rasanya, hehehe. ✌✌✌

image

image

image

image

image

Seger banget ngelihatnya kan? Atau jangan-jangan cuma perasaan saya aja???

Saya pun akhirnya bisa ngerasain langsung juga ngelewatin Jembatan Kelok 9, soalnya terakhir saya ngelewatin daerah ini sih masih dalam tahap pembangunan gitu, alias udah lama banget, hehehe. Untung juga sih udah ada jembatan ini, karena seinget saya dulu itu saya suka udah mual duluan kalo mikirin bakal ngelewatin Kelok 9, padahal ke Sumbar juga jarang tuh, tapi mikirinnya aja udah puyeng sendiri. 😆

image

image

image

image

image

image

image

image

Ternyata di akhir jembatan nemu ada kayak air mancur gini, mungkin ini mata air kali ya?

Walaupun di awal dan di akhir jalannya mulus-mulus aja, tapi sayangnya di pertengahan jalan ternyata masih ada beberapa bagian jalan yang berlubang, udah gitu parahnya lubangnya kecil-kecil tapi dalam-dalam dan tersebar di berbagai sisi jalan gitu. Saya dan suami sempet mikir walaupun suasanya persis kayak jalan lintas yang biasa kami lewatin kalo dari rumah mau ke kota Bengkulu, tapi kayaknya kok masih lebih mending jalan yang kami lewatin di Bengkulu itu ya??? :mrgreen:

Oh ya di daerah sana juga kami ketemu sekumpulan monyet yang lagi berderet nangkring di atas pembatas jalan. Walaupun saya sebenernya pengen suami tetep lanjut jalan terus aja tapi suami malah minggirin mobil supaya saya bisa motoin monyet-monyet tersebut. 🙈 🙈 🙈 Aduh saya udah parno duluan takut kalo ternyata monyetnya ntar bakal nyerbu ke arah mobil semua. 😂 😂 😂

image

image

Kalo di daerah Sumbar jalannya sih relatif berkelok-kelok, tapi kalo udah masuk daerah Riau rasanya jalannya udah berasa lebih lurus-lurus aja. Ada beberapa ruas jalan yang ngingetin saya dengan jalan yang sering saya lewatin waktu masih kecil dulu, bukan di daerah yang sama sih tapi di daerah lain, tapi jangan-jangan tipe-tipe jalan kayak gini mungkin emang tipikalnya jalan di Riau deh, mungkin ya, soalnya saya belum pernah menjelajah seluruh daerah Riau juga sih.

image

Yang kayak gini yang ngingetin jalan yang sering saya lewatin waktu kecil dulu, setelah lurus trus ada mendaki, ntar yang di sananya ada menurun juga.

image

Kalo udah ada sungai gini udah sah lah namanya masuk ke daerah Riau.

Karena kami jalan dengan santai, kami pun sampai di Pekanbaru sekitar jam setengah 4 sore, tapi berhubung rumah saya rada jauhan dari pusat kota jadinya kami baru sampe beneran jam setengah 5 gitu. Oh ya saya sempet kaget loh pas baru masuk daerah Panam, saya nggak nyangka aja kalo daerah Panam udah rame banget sekarang. Trus berhubung kelamaan berada di daerah yang jarang banyak kendaraan, saya sampe pusing sendiri pas ngelihat banyak kendaraan yang pada tumpah ruah di jalan Pekanbaru ini. Inilah jadinya kalo anak desa masuk kota ternyata ya. 😆

2 thoughts on “Bukittinggi – Pekanbaru

Leave a Reply

