Acara Sikat Gigi Bersama

Ada yang pernah denger tentang Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) nggak? Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan perusahaan U melalui brand pasta gigi mereka yang terkenal banget di Indonesia (siapa yang nggak kenal pasta gigi berinisial P kan?) yang udah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu (seingat saya sih kegiatan ini pertama kali diadakan pas saya masih kuliah gitu). BKGN ini biasanya diadain di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) di seluruh Indonesia, dan masyarakat bisa menikmati penyuluhan, pemeriksaan, dan perawatan gigi gratis di FKG tersebut (jadwal biasanya diumumkan di media massa karena tiap kota emang berbeda-beda waktu pelaksanaannya). Nah, gimana dengan daerah lain yang nggak punya FKG tapi juga pengen ikut berpartisipasi mengadakan BKGN ini? Biasanya kegiatan akan diambil alih oleh organisasi profesi dokter gigi setempat dengan mengadakan beberapa kegiatan. Tapi salah satu kegiatan wajibnya pasti sikat gigi bersama anak-anak sekolah dasar.

Tahun ini kegiatan BKGN kembali diadakan di Provinsi Bengkulu pada hari Minggu, 11 Oktober lalu di Sport Center Kota Bengkulu. Kebetulan acara yang kemaren itu sebenernya nggak murni acara khusus BKGN juga ya, soalnya acara ini juga dalam rangka memperingati World Pharmacists Day, jadi intinya organisasi profesi apoteker dan dokter gigi saling bekerja sama ngadain kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan secara umum gitu lah, jadi ada acara senam bersama dan periksa kesehatan juga. Tapi kayaknya acara puncaknya emang sikat gigi bersama ini deh, soalnya setelah sikat giginya selesai ya ternyata acaranya ikut selesai juga, hehehe.

Untuk ngebedain dengan peserta yang lain, hari itu para dokter gigi se-Bengkulu diminta memakai kemeja ungu khusus anggota organisasi, dan bagi yang belum punya (seperti saya dan suami yang baru tahu kalo ternyata ada kemeja ini, hehe) dihimbau untuk menggunakan dress code berwarna ungu (karena warna PDGI itu emang warna ungu). Berhubung baju gamis saya banyak yang ungu saya sih nyantai aja ya, tinggal comot satu yang saya punya, tapi suami terpaksa beli kemeja baru warna ungu deh jadinya. πŸ˜€

image

Saya dan suami kompak berungu ria. Ternyata suami saya ganteng juga ya pake kemeja ungu kayak gini, hihihi :mrgreen:

Pas hari H itu harusnya kami berkumpul jam 6 pagi di lokasi, tapi berhubung saya dan suami ternyata adalah orang Indonesia banget, jadi kami baru nyampe di tempat kegiatan sekitar jam setengah 8! *jangan ditiru* 😳 Soalnya kami mikir biasanya acaranya itu kan suka ngaret, dan pengalaman kegiatan serupa sebelumnya ngaretnya itu berlebihan alias luar biasa ngaret karena nunggu Gubernur datang, eeeh tumben ternyata untuk yang kali ini acaranya termasuk on-time juga (alias berarti PakGub datang tepat waktu). Kayaknya koordinator grup saya (tiap empat drg mengorganisir satu SD dan salah satu drg ditunjuk sebagai koordinator) mungkin rada sebel kali ya sama saya karena saya telat (maaf ya Mbak), tapi yoweslah emang saya yang salah juga sih. ^^’ Untungnya bukan kami yang paling telat karena ternyata ada yang lebih telat juga sih sebenernya, hehehe.

Berikut foto-foto acara sikat gigi bersama yang saya dapatkan dari para teman sejawat. Saya kalo ada acara kayak gini biasanya emang nggak pernah foto-foto sih karena selain nggak punya hp berkamera, kamera di tablet saya hasilnya juga nggak gitu bagus (maklum tablet murah πŸ˜† ). Jadi ujung-ujungnya selalu minta kiriman foto dari temen-temen yang hp-nya lebih bagus deh, wkwkwk.

image

Berdoa sebelum acara sikat gigi dimulai πŸ™‚

image

Pak (Plt) Gubernur lagi ngejelasin cara menyikat gigi berdasarkan versi beliau πŸ˜€

image

Sikat gigi bersama pun dimulai! Pada bingung gimana anak-anak ntar ngebuang kumurnya? Tenang aja nggak ke lantai kok, ada tempat khusus yang udah disediain sebelumnya.

image

Bersama sebagian senior dan junior sealmamater. Kemeja ungu-kuning itu loh yang saya ceritakan di atas tadi yang saya dan suami nggak punya itu, hehe.

image

Ada yang bisa nebak saya ada di mana? :mrgreen:

image

Foto bersama sebagian dokter gigi se-Bengkulu (drg-nya emang nggak banyak, seprovinsi kalo nggak salah cuma 100-an aja)

Btw dari foto-foto di atas pada perhatian nggak kalo langitnya nggak kelihatan biru cerah gitu? Yak, asap pembakaran hutan dari provinsi tetangga pun sampai juga di Bengkulu loh, dan masih ada hingga sekarang. 😦

6 thoughts on “Acara Sikat Gigi Bersama

    • arinidm says:

      Iya nih Mbak, banyak ide yg mau ditulis tapi suka malas ngeksekusinya nih hehehe. Kalah nih ma Mbak Cetut, udah banyak aja postingannya dari yang terakhir kubaca Mbak πŸ˜€

  1. Felicity says:

    Wah kamu suka warna ungu yah? Sama saya juga… πŸ™‚ Baru nyadar kalau langitnya mendung di foto setelah dilihat lagi dengan seksama….Parah bener ya dampak kebakaran hutannya ckckck….

    • arinidm says:

      Sebenernya lebih suka warna-warna gradasi natural gitu Mbak, kayak coklat atau krem, tapi kalo baju warna natural gitu kok bikin kelihatan kusem ya, yang bikin cerah malah warna ungu jadinya tiap beli baju jadi ungu semua aja deh sekalian hehehe πŸ˜€ Iya Mbak tahun ini kayaknya yang terparah sepanjang sejarah, kalo lihat foto-foto temen udah sampai kuning gitu udaranya, kasihan banget

Leave a Reply

